KOMPUTER UNTUK ANAK-KU

Pentingnya Pemahaman Konsep Belajar dengan Menggunakan Komputer dalam Peningkatan Cara Berfikir Anak

Senin, 24 November 2008

komputer bagi anak kita

Umumnya dalam suatu keluarga satu komputer digunakan bersama. Tentu saja kepentingan orangtua dan anak menggunakan komputer bisa jadi berbeda. Orangtua biasanya menggunakan komputer untuk keperluan word processing, menjelajah internet atau menyelesaikan tugas kantor. Sedangkan anak-anak belajar menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas sekolah, bermaingame atau program edutainment. Kebutuhan beragam inilah yang membuat orangtua sebaiknya menentukan sistem komputer yang tepat untuk anak.

Roy Suryo, pakar multimedia, mengatakan dalam memilih piranti keras untuk anak seperti prosesor, memori, hard drivehampir tak ada bedanya dengan sistem komputer pada umumnya. Bedanya, pada program software yang diinstall untuk anak program yang digunakan sifatnya bukan pekerjaan profesi, namun disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Selain itu, sesuaikan pula dengan program komputer yang biasa dipelajari anak di sekolah.

Jika anak menyukai kegiatan menggambar, Anda bisa menginstall program 3D Studio, photoshop atau program animasi. Atau jika anak menyukai musik, program Musical Instrument Digital Interface (MIDI). Namun, dalam memilih hardware, kapasitasnya disesuaikan dengan program software yang digunakan. Sebaiknya gunakan software dan hardware yang asli agar anak lebih menghargai sistem dan perangkat komputer. Meskipun tampilan digital program tak ada bedanya antara yang palsu dengan yang asli. “Namun orangtua juga perlu mengajarkan pengetahuan menggunakan software dan hardware yang tepat (brandware),jangan biasakan membajak program software,” kata Roy.

Idealnya, untuk prosesor sebagai komponen utama PC sebagai penggerak sistem memerlukan kecepatan minimal 1,7 Giga Hertz (GHz). Sedangkan untuk kapasitas memori, jika PC digunakan untuk gambar dan program yang banyak menggunakan grafis dibutuhkan memori besar minimal 512 Mega Bytes (MB). Selain itu, anak juga memerlukan perangkat graphics board yang menyimpan memori untuk memproduksi grafis-grafis untuk muncul pada layar komputer. Dengan kapasitas graphics board yang lebih besar dengan resolusi tinggi akan memiliki kemampuan lebih baik untuk menghasilkan grafik secara tajam dan tampilan animasi yang lebih halus. “Secara umum, program-program yang banyak gambarnya membutuhkan lebih banyak memori graphics board,” jelas Roy.

Menurut pakar teknologi komunikasi informasi Catherine & Glenn De Padua dalam artikelnya Teaching Children Computer Literacy orangtua juga pertimbangkan memilih monitor yang ramah mata sehingga nyaman bagi anak. Monitor yang lebih besar belum tentu memiliki kualitas output yang baik. Sedangkan, untuk keyboard-nya, pilih yang memiliki desain ergonomis dengan tujuan kenyamanan dan mempertimbangkan posisi anak saat mengetik sehingga tekanan tidak dipusatkan pada tangan dan bagian tubuh yang lain. Ada baiknya menggunakan keyboard yang didesain khusus untuk anak-anak. Biasanya keyboard jenis ini memiliki tombol yang berwarna-warni sehingga mengundang anak untuk bermain komputer.

Peralatan lain yang bisa Anda tambahkan antara lain microphone, speaker, sound card, modem atau networking card. Perangkat ini diperlukan bagi anak yang menggunakan program edukasi sehingga dibutuhkan komputer multimedia. Sehingga anak bisa mendengar suara dan instruksi saat berinteraksi dengan program. Beberapa peralatan ekstra ini sudah ada yang disatukan dalam program. Sehingga Anda tak perlu lagi sibuk menyesuaikan alat-alat dengan komponen dalam komputer.

Jika ingin menggunakan PC baru, pilih yang sesuai dengan peranti lunak yang telah diinstall dalam komputer. Banyak orangtua yang mengansumsikan anak-anak hanya menggunakan komputer bekas saja. Sebenarnya anak-anak akan mendapat keuntungan yang paling besar jika komputer dilengkapi dengan peralatan multimedia serta fitur-fitur animasi lainnya. Karena anak akan lebih leluasa bereksplorasi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda